Jumat, 03 Februari 2012

Perempuan desa sederhana di kota Paris

Fatima's Good Fortune: A NovelFatima's Good Fortune: A Novel 


Paperback, 375 pages
Published March 10th 2011 by m-pop (first published October 1st 2003)
ISBN13: 9786029625547

My rating: 3 of 5 stars
Resensi:
Rachida meninggalkan kampung halamannya di Djerba Tunisia, untuk bekerja sebagai pelayan Countess Poulais de Roc di Paris. Namun, Rachida yang penuh semangat dan memiliki banyak mimpi, tewas mengenaskan di rumah majikannya. Kakak kandung Rachida, Fatima, dipanggil sang Countess untuk menggantikan tempat Rachida.
Begitu tiba dari Tunisia yang indah untuk bekerja bagi Countess di Paris, Fatima langsung disergap tugas yang luar biasa banyak -mengantar anjing berjalan-jalan, berbelanja, membacakan surat kabar untuk Countess. Semua itu membuatnya kewalahan dan merasa terasing.
Tetapi sifatnya yang baik dan penyayang membuatnya bertahan di Kota Cahaya ini, dan tanpa diduga membawa keberuntungan bagi orang-orang di sekitarnya. Fatima's Good Fortune menyampaikan kisah cinta dan tekad kuat yang diwujudkan dalam kebaikan sederhana di dunia yang tak terduga ini...

ternyata oh ternyata, tak kusangka tak kuduga ini bukan chiklit dkk xixixixi
Kemarin ambil buku ini dari rak karena pengen baca yg ringan2... eh di bagian prolog dahi mulai berkerut melihat selipan kata bahasa prancis... daaaaan jeng jeng.. ga ada footnotenya huhuhuu :(
karena males gugling yah akhirnya tancap aja terus, nebak2 aja...
bab2 selanjutnya dahi lebih berkerut, widiiih ni orangnya banyak beneeeeer.... yak salah buku nih kalo mo yg ringan2 mah...
tapi berhubung dah ga tau mo baca apa *mood baca lagi ga bener* ya lanjut aja deh...

jadi si Fatima ini, usia 40than, tinggal di Tunisia, kerja sebagai pelayan resort, pernah memiliki suami yang pergi ke amerika utk cari kerja malah jadi tinggal seatap ma perempuan lain dan mengirimkan surat cerai -_-

Fatima bekerja semenjak masih kecil, dia membantu biaya pendidikan adiknya Rachida yg sekarang bekerja sebagai pelayan seorang countess di Prancis.. Diapun mulai mengurus ibunya dan melupakan kehidupan pribadinya, sampai ibunya menjodohkannya dengan Mahmoud..

Tidak lama suaminya pergi, ibunya meninggal, dan beberapa saat kemudian datanglah surat dari mahmoud yg mengajukan perceraian..

Sebenarnya Fatima memiliki kelebihan yang iapun menyadarinya..
Gak tau kenapa orang2 selalu meminta nasehat dan saran padanya.. Sepertinya ada sesuatu dalam diri fatima yg menyebabkan orang dengan mudahnya mengungkapkan masalah2nya, tanpa segan2 menceritakan rahasia2 mereka.. Tapi selain kelebihan itu Fatima selalu merasa dirinya tidak beruntung, dia merasa dirinya buruk, gemuk, tidak menarik.. beda dengan adiknya Rachida..

Dan suatu hari sebuah surat datang mengabari musibah yg menimpa Rachida...

Terus kenapa Judulnya Fatima's Good Fortune?
Karena akhirnya keberuntungan perlahan menghampirinya ^^

Musibah yang menimpa Rachida memberikan kesempatan padanya untuk menginjak paris, mengenal Countess Poulais du Roc, bertemu dengan orang2 di Cafe Jean Valjean, yang beberapa orang diantara mereka membuat perubahan dalam hidupnya...

Selain urusan kata2 dalam bahasa prancis yg aku ga ngerti itu, diantara banyaknya nama yg musti diwaspadai *halah* buku ini dapet 3* dari aku, knapa? karena ga tau knapa aku selalu suka baca cerita tentang perjuangan gadis desa di sebuah kota besar hehehheeh..

Sepertinya kapan2 musti baca lagi buku ini, pas lagi ga males gugling bahasa prancisnya hehehehe...
Eh tapi ada yg agak mengecewakan... sepertinya aku dapet buku yg ga bagus, jilidnya ga rapih.. sisi sisi kertasnya jadi ga rata :(


1 komentar:

  1. Oh, kasian Fatimaa~
    Dari sampulnya aku pikir ini buku anak-anak malah.
    Kayaknya utk memulai awal yg baru memang harus di tempat yg baru yaa~ *pesan moral yg tertangkap dari review*

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini