Minggu, 26 Februari 2012

Ugly - beauty

Cookie


376 pages
Published January 26th 2012 by PT. Gramedia Pustaka Utama (first published January 1st 2008)
ISBN13 : 9789792279344
 
Wajah Beauty Cookson biasa saja, ia juga pemalu. Karena itu teman-teman di sekolah memberinya julukan baru-Ugly, si Jelek!

Tapi ada yang lebih parah daripada ejekan itu: Dad. Suasana hati Dad gampang berubah, hal paling sepele bisa memicu amarahnya. Untung ada Mum yang sangat menyayangi Beauty dan selalu berusaha membuatnya bahagia. Mereka bahkan punya hobi baru, yaitu membuat cookie.

Makin lama, Dad sayangnya makin tak terkendali. Mampukah Beauty dan Mum terus bertahan? Ataukah ada cara lain untuk memulai hidup baru yang lebih indah?


menyedihkan adalah ketika seorang ayah menganggap putrinya sendiri buruk rupa..

menyedihkan adalah ketika kau merasa pendapat ayahmu adalah benar..

menyedihkan adalah ketika kelebihanmu tidak dianggap sedikitpun oleh ayahmu sendiri..

menyedihkan adalah ketika apapun perbuatan ibumu tidak ada artinya dimata ayahmu...

menyedihkan adalah ketika kehadiran seorang ayah membuatmu ketakutan alih2 rasa aman...

baca bukku ini bikin sedih.. bukan sedih yang bikin nangis bercucuran airmata, bukan.. sedih ini di dalam...

Selasa, 07 Februari 2012

Oliver... Oliver... Oliver...




Softcover, 578 pages
Published March 29th 2011 by Bentang Pustaka  
(first published 1837) 
ISBN13   9786028811156

My rating: 3 of 5 stars

  
Resensi:
Oliver Twist adalah salah satu karya besar Charles Dickens. Ditulis sebagai bentuk keprihatinan dickens terhadap nasib anak-anak di Inggris pada masa itu yang terpaksa harus turun ke jalan karena kemiskinan. Kini sebagian besar anak-anak di berbagai belahan dunia ketiga mengalami hal serupa, tak terkecuali Indonesia. 

Tokoh-tokoh dalam novel ini sangat mudah ditemui dalam keseharian kita: pribadi-pribadi yang munafik, rakus, kejam dan gila harta, meskipun ada juga sebagian orang yang masih tetap bersedia mendengar nuraninya. Novel ini sungguh layak dibaca karena mengusik hakikat kemanusaiaan dalam diri kita.

Siapa yg sudah membuka google hari ini 07 Februari 2012?
Google doodlenya lucu yaaaa :)

Hari ini memang hari ulang tahun Dickens ke 200...

Siapa ga tahu Oliver Twist salah satu karya besarnya Dickens? 
Sebenarnya Oliver Twist adalah satu-satunya  karya Dickens yang pernah saya baca :)
Saya lebih dahulu kenal Oliver di film daripada buku..
Hampir semua orang tahu film Oliver.. atau mungkin lebih tepat, semua orang yg tahun 80an akhir atau 90an awal suka nonton tv :)) dulu film ini sering sekali di putar di sebuah TV Swasta yg berlogo burung itu..
Masa ketika saya jatuh hati pada seorang gadis cilik berpipi tembam dengan rambut ikal seperti kabel telepon saat melihat wajahnya muncul di layar televisi... Iya benar... Shirley Temple... begitu menggemaskannya dia, hingga saya setia menunggu penampilannya yang biasa muncul pada hari minggu di TV... Eh kenapa jadi ngomongin Shirley Temple? :)
Anywaaaay.... masa2 film ST di putar di tv tersebut, ada sebuah film lain yang juga sering di putar... lagi dan lagii...

Oliver Twist, kisah seorang anak laki-laki yatim piatu, yang lahir di rumah sosial, tampan, kecil dan lugu, kabur dan terjerumus ke dalam kelompok pencopet di london..

saya berusaha mencari film versi mana yg waktu itu saya tonton.. tapi sampai saat ini ga ketemu, krena sepertinya foto pemeran2nya tidak sama dengan yg saya ingat...
yg saya ingat oliver itu kecil, rambutnya ikal, mukanya sendu..
beberapa versi film yg saya liat foto/posternya sepertinya beda dgn yg saya ingat...
apa mungkin saya terlalu terpengaruh dengan rambut ikalnya ST yah hehehe

Ini ada beberapa foto pemeran Oliver dr beberapa versi film

  
ini Richard Charles Film Oliver Twist Tahun 1982













ini John Howard D 




 


Sepertinya yg mirip malah yg ini (yakin aku belum pernah nonton) :

 

tapi kok disini dia mukanya keras bener sepertinya... agak2 angkuh gitu, kayak ga sesuai dengan image oliver *sotoy*

 

yah pastinya, walaupun sudah beberapa kali nonton filmnya, buku ini sukses membuat saya ingin melempar Fagin si boss kelompok pencopet dan Sikes si perampok ke dalam jurang -_-

banyak tokoh2 menyebalkan disini... menyebalkan karena kejamnya.. karena piciknya.. karena liciknya.. karena keserakahannya... Sebut saja si Dodger, Noah, Tn. Bumble, Ny Mann dan pastinya si Monks.. yang ternyata tak lain dan tak bukan adalah niiiiiiiiit *sensor*
Tapi ada juga kok protagonisnya... tenang aja :))

beberapa bagian di buku ini kadang membuat saya mengantuk.. benar2 mengantuk sampai tertidur, seperti ketika saya membaca The Adventures of Tom Sawyer.. sepertinya charles dickens dan mark twain bisa menjadi penulis cerita pengantar tidur buat saya.. Mereka membuat kisah menarik... tapi buat saya kadang penggambarannya membuat saya ZzzzZZZzzzzz..... Apa saya harus membaca edisi aslinya? oooh tentu tidak, saya setia dengan edisi terjemahan untuk buku-buku klasik mah... eh sebenarnya selama sudah ada terjemahannya, sepertinya saya akan memilih terjemahan #pemalasakut
Jadi mari berburu buku2 klasik edisi terjemahan!! #apasih -_-

Jadi kesimpulannya, saya penasaran film mana yg dulu saya pernah tonton? #garuk2kepala

oh iya ada yg ga tau Shirley Temple?
ini dia nih si pipi tembem rambut kabel telepon
lucu yah ^^

Jumat, 03 Februari 2012

Perempuan desa sederhana di kota Paris

Fatima's Good Fortune: A NovelFatima's Good Fortune: A Novel 


Paperback, 375 pages
Published March 10th 2011 by m-pop (first published October 1st 2003)
ISBN13: 9786029625547

My rating: 3 of 5 stars
Resensi:
Rachida meninggalkan kampung halamannya di Djerba Tunisia, untuk bekerja sebagai pelayan Countess Poulais de Roc di Paris. Namun, Rachida yang penuh semangat dan memiliki banyak mimpi, tewas mengenaskan di rumah majikannya. Kakak kandung Rachida, Fatima, dipanggil sang Countess untuk menggantikan tempat Rachida.
Begitu tiba dari Tunisia yang indah untuk bekerja bagi Countess di Paris, Fatima langsung disergap tugas yang luar biasa banyak -mengantar anjing berjalan-jalan, berbelanja, membacakan surat kabar untuk Countess. Semua itu membuatnya kewalahan dan merasa terasing.
Tetapi sifatnya yang baik dan penyayang membuatnya bertahan di Kota Cahaya ini, dan tanpa diduga membawa keberuntungan bagi orang-orang di sekitarnya. Fatima's Good Fortune menyampaikan kisah cinta dan tekad kuat yang diwujudkan dalam kebaikan sederhana di dunia yang tak terduga ini...

ternyata oh ternyata, tak kusangka tak kuduga ini bukan chiklit dkk xixixixi
Kemarin ambil buku ini dari rak karena pengen baca yg ringan2... eh di bagian prolog dahi mulai berkerut melihat selipan kata bahasa prancis... daaaaan jeng jeng.. ga ada footnotenya huhuhuu :(
karena males gugling yah akhirnya tancap aja terus, nebak2 aja...
bab2 selanjutnya dahi lebih berkerut, widiiih ni orangnya banyak beneeeeer.... yak salah buku nih kalo mo yg ringan2 mah...
tapi berhubung dah ga tau mo baca apa *mood baca lagi ga bener* ya lanjut aja deh...

jadi si Fatima ini, usia 40than, tinggal di Tunisia, kerja sebagai pelayan resort, pernah memiliki suami yang pergi ke amerika utk cari kerja malah jadi tinggal seatap ma perempuan lain dan mengirimkan surat cerai -_-

Fatima bekerja semenjak masih kecil, dia membantu biaya pendidikan adiknya Rachida yg sekarang bekerja sebagai pelayan seorang countess di Prancis.. Diapun mulai mengurus ibunya dan melupakan kehidupan pribadinya, sampai ibunya menjodohkannya dengan Mahmoud..

Tidak lama suaminya pergi, ibunya meninggal, dan beberapa saat kemudian datanglah surat dari mahmoud yg mengajukan perceraian..

Sebenarnya Fatima memiliki kelebihan yang iapun menyadarinya..
Gak tau kenapa orang2 selalu meminta nasehat dan saran padanya.. Sepertinya ada sesuatu dalam diri fatima yg menyebabkan orang dengan mudahnya mengungkapkan masalah2nya, tanpa segan2 menceritakan rahasia2 mereka.. Tapi selain kelebihan itu Fatima selalu merasa dirinya tidak beruntung, dia merasa dirinya buruk, gemuk, tidak menarik.. beda dengan adiknya Rachida..

Dan suatu hari sebuah surat datang mengabari musibah yg menimpa Rachida...

Terus kenapa Judulnya Fatima's Good Fortune?
Karena akhirnya keberuntungan perlahan menghampirinya ^^

Musibah yang menimpa Rachida memberikan kesempatan padanya untuk menginjak paris, mengenal Countess Poulais du Roc, bertemu dengan orang2 di Cafe Jean Valjean, yang beberapa orang diantara mereka membuat perubahan dalam hidupnya...

Selain urusan kata2 dalam bahasa prancis yg aku ga ngerti itu, diantara banyaknya nama yg musti diwaspadai *halah* buku ini dapet 3* dari aku, knapa? karena ga tau knapa aku selalu suka baca cerita tentang perjuangan gadis desa di sebuah kota besar hehehheeh..

Sepertinya kapan2 musti baca lagi buku ini, pas lagi ga males gugling bahasa prancisnya hehehehe...
Eh tapi ada yg agak mengecewakan... sepertinya aku dapet buku yg ga bagus, jilidnya ga rapih.. sisi sisi kertasnya jadi ga rata :(


Ada kesalahan di dalam gadget ini