Rabu, 09 November 2011

Sang Pahlawan (Heroes of the Valley)


Paperback, 488 pages
Published April 28th 2011 by PT Gramedia Pustaka Utama 
ISBN13 : 9789792269598

 My rating: 3 of 5 stars

saat mulai menjerumuskan diri ke dalam cerita lembah atas dan lembah bawah ini, yang terbayang dan yang diharapkan adalah kelucuan2, kekonyolan2 seperti barti.
Tapi saya malah bertemu dengan Halli. Halli yang kekar, tinggi di bawah rata2 atau boleh dibilang pendeknya diatas rata2 :p canggung, kaku, suka berkhayal dirinya menjadi pahlawan seperti leluhurnya svein..

Semakin mengenenal Halli, yang terlintas adalah, hadeeeh, yang kek gini mo jadi pahlawan.. kadang lugunya *kalau tidak mau disebut bodoh* ampun-ampunan.. setiap dia melakukan sesuatu pasti berujung masalah... tapi tidak bisa tidak sosok Halli ini menngundang simpati saya.. sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara, Halli seperti tenggelam diantara saudara2nya, Orangtuanya seperti lebih memperhatikan Leif, kakak lelakinya sang pewaris klan yang gemar bergaya dan minum ale dan Gudny, kakak perempuannya yang ketus.. dan itu mungkin yg membuatnya berkhayal menjadi pahlawan, agar lebih dihargai warga klannya..

Tapi untuk menjadi pahlawan tidak mudah.. bahkan hampir2 mustahil.. Bagaimana mungkin dia menjadi pahlawan seperti para leluhurnya jika pedang saja sama sekali tidak ada di lembah ini? dengan apa ia akan bertempur melawan para penjahat? melawan para Trow, sosok menakutkan pengisi mimpi buruk warga lembah?
Tapi kematian Brodir, paman favoritnya menghancurkan dunianya..
kematian yang membuatnya kecewa akan sikap keluarganya..
kematian yang membuatnya menempuh perjalanan demi membalas dendam..
kematian yang membuatnya merasa dunianya hancur ketika semua yang dia ketahui ternyata diselimuti kebohongan dan ketamakan...
dan akhirnya membuatnya menyetujui keinginan Aud (putri tunggal Klan Arne) untuk melintasi makam batu tempat para pahlawan terbaring menjaga wilayah mereka dari Trow dan mencari jalan menyeberangi pegunungan..

ada dua kisah di buku ini, kisah Halli dan kisah Svein leluhur klan, pejuang, pembantai Trow
Setiap bab diawali dengan paragraf cerita Svein, dilanjutkan dengan cerita mengenai Halli
Kisah svein menceritakan perjuangan svein semenjak awal klan berdiri sampai puncaknya pada pertempuran batu..
Kisah Halli dimulai dari dia kecil sampai pertempuran di lembah atas, kediaman Klan Svein terjadi..
ditutup dengan cerita para pahlawan seperti yang biasa dituturkan Katla, pengasuh Halli, tapi tokohnya sekarang berbeda :)
3,5*

Note: yg mo baca lost chapter, ttg halli, makam svein dan pedangnya bisa klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini